Beberapa info mengenai objek wisata pantai yang ada di seluruh indonesia

Samalona, pulau cantik yang tersembunyi di Makassar

Makasar??????????????

Pasti yang terbayang langsung Pantai Losari dan Coto nya dulu atau yang terbaru TransStudionya yang megah itu atau mungkin kapal Phinisi. Belum ada yang terpikir jika Kota Makassar itu mempunyai pulau.

Dari anjungan Pantai Losari sebenarnya kita juga bisa melihat beberapa pulau di lepas pantainya yaitu Pulau Kahyangan , tetapi agak lebih jauh dari Pulau Kahyangan ini nanti kita bisa ketemu lagi dengan pulau yang lebih cantik seperti pulau-pulau yang ada di imajinasi kita selama ini, ,mempunyai pasir putih, pulaunya bisa dikelilingi dan ada beberapa pohon hijau kemudian ada sedikit pondok dan tentunya airnya yang jernih dengan warna biru kehijau2an.

woke,,, itu semua bisa kita jumpai di pulau ini. O iya, nama pulaunya Samalona. Tidak tahu juga persis asal usul nama pulaunya. Pulau ini dapat ditempuh dengan menumpang speedboat dari dermaga di seberang benteng  Fort Rotterdam ataupun dari Pantai Losari dengan biaya carter sebesar 300ribu untuk PPnya dengan waktu tempuh lebih kurang setengah jam. Dan sepanjang perjalanan kita juga akan menjumpai banyak kapal-kapal gede yang akan bersandar di pelabuhan ujung pandang.
 
Dan pulaunya yang kecil ini bisa dikelilingi hanya dalam waktu beberapa menit dan sangat cocok sekali untuk para fotografer untuk mengabadikan keindahan pulau ini sambil berkeliling dengan memanfaatkan objek berupa perahu2 nelayan, gubuk2 serta ada enceng gondok di beberapa sisi pulaunya. O iya, sisi pulaunya sebagian besar berpasir putih kecuali di bagian belakang pulau yang berupa karang agak tajam.
Untuk penggemar snorkeling atau diving, pulau ini mungkin hanya cocok untuk snorkeling karena perairannya dangkal.
 
Sepertinya pulau ini tadinya hanya sebagai pulau persinggahan nelayan, terbukti di pulau ini ada beberapa rumah penduduk yang bekerja sebagai nelayan. Tetapi, karena bersihnya pasir putih pantainya dan mulai bayaknya wisatawan mengunjungi pulau ini, penduduk di pulai ini mulai menyewakan kamar-kamar di rumahnya ataupun membangun kamar-kamar layaknya kos’an.

Tetapi yang sangat disayangkan, karena masih dikelola oleh masyarakat apapun yang ada di pulau ini semuanya serba dihargai oleh warganya seperti bale-bale yang ada didekatnya rumahnya yang hanya terbuat dari susunan bambu dipaku di kayu disewakan dengan harga 30ribu. Dan jika ingin membasuh badan dihargai 5ibu pergayung apalagi untuk mandi yang berbak-bak pasti akan lebih mahal.



Sumber : Samalona, pulau cantik yang tersembunyi di Makassar
Labels: Pantai

Thanks for reading Samalona, pulau cantik yang tersembunyi di Makassar. Please share...!

0 Comment for "Samalona, pulau cantik yang tersembunyi di Makassar"

Back To Top