Tuesday, 16 August 2011

Pantai Manggar Balikpapan

Menghabiskan waktu liburan di Kota Balikpapan belumlah lengkap jika tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini. Pantai Manggar Segarasari atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Manggar saja, merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang cukup melegenda di Kota Balikpapan.

Dengan air laut yang jernih, riak gelombang yang kecil serta pasir yang putih, merupakan tempat yang nyaman bagi mereka yang ingin bermain, berlayar maupun berbagai macam olahraga.

Sebagian besar bangunan yang berada dilokasi Kawasan pantai Manggar merupakan kawasan penjual makanan dan minuman yang terbuat dari kayu dan beratap rumbai. Sarana air bersih yang tersedia masih berupa menara air dari sumber air tanah yang didistribusikan ke kamar mandi dan WC setempat.
Begitu menyenangkannya suasana Pantai Manggar hingga tak jarang dijadikan tempat penyelenggaraan even-even bersifat rekreatif dan menambah suasana keakraban, termasuk perayaan HUT Kota Balikpapan, di mana dalam beberapa tahun terakhir pantai ini selalu menjadi wahana berlangsungnya even “Pesta Laut” yang demikian semarak.

Kawasan Pantai Manggar Segarasari sangat luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat berlibur dan bermain yang menarik. Pengunjung bisa bermain bola, bermain layang-layang, dan lain sebagainya. Air gelombang pantai tidak begitu besar, sehingga pengujung bisa bermain di pinggiran, berenang, bermain perahu karet, dan lain sebagainya, dengan rasa aman. Pantai ini dibuka antara pukul 06.00-18.00 WITA.

Pada hari-hari lain, khususnya setiap akhir pekan, Pantai Manggar akan ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun yang datang dari daerah-daerah sekitar Balikpapan seperti Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Bontang. Pantai ini terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip.Dengan lalu lintas yang lancar, Pantai Manggar dapat dicapai dalam waktu 20-25 menit dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk angkutan umum lokasi terminal angkutannya terletak di Manggar Baru ( 4 km dari lokasi ke arah barat) dan teritip (3,5 Km ke arah timur).

Merupakan pantai kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan. Pantai landai berpasir putih ini terletak kurang lebih 15 kilometer sebelah timur Kota. Dipantai Manggar selain bisa menikmati berbagai macam permainan/olahraga air seperti: banana boat, perahu santai dan berenang, pengunjung juga bisa menikmati aneka lokal kuliner. Pantai ini juga dilengkapi dengan sarana bermain anak "children play ground" dan panggung terbuka. Dihari-hari besar dan hari-hari tertentu diadakan pertunjukan baik budaya ataupun kreatifitas di panggung terbuka ini.

Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

5 Komentar:

Er'end said...

Yes,pantai yang sangat indah dan asri,ingin rasanya segera di Manggar.
Oh ya sob,maaf untuk link-nya,mungkin terlalu banyak bongkar-pasang template hingga link-mu lupa lagi terpasang.Ok,segera ku pasang ulang.Makasih infonya,salam hangat dari Papua.

Anonymous said...

bagus juga nih

Syaiful Anwar said...

Thank's kunjungannya....

tiket pesawat said...

hemm..
ternyata banyak pantai yang bisa dikunjungi.
he2m,
malah kayak anak pantai yah

Balikpapan Beach Boy said...

Pantai manggar ternyata sangat terkenal di balikpapan dan di kalimantan timur. sangat ramai waktu saya berkunjung ke sana. cukup memuaskan. pengen ke sana lagi sepertinya.

Ayo Ke Pantai Manggar

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar