Tuesday, 4 October 2011

Keindahan Pantai di Kepulauan Riau


Sebagai daerah kepulauan, keindahan laut, pantai, dan dinamika kehidupan masyarakat nelayannya adalah pojok-pojok alam yang memamerkan keindahan di Kepri. Tapi jangan berharap menemukan ulasan tentang megahnya jembatan barelang, atau pantai lagoi yang mewah, atau kuil-kuil buddha yang mistis, atau tulisan tentang lorong-lorong mall yang memajang louis vuitton, Bvlgari, atau hugo boss. Ini tentang "untold story" sudut-sudut alam yang tidak kalah mempesona sekalipun belum banyak menghias brosur dan media. Bagi kawan-kawan petualang sejati, semoga postingan saya bisa membantu anda menemukan eksotisme baru di Kepulauan Riau.
Pantai Jemaja atau masyarakat setempat menyebutnya pantai padang melang, bayangkan panjai garis pantainya mencapai 7 KM !! Dengan kontur yang sangat landai, terhempar lah pasir putih yang sangat luass dan diselingi dengan alur2 hilir sungai dialiri air yang sangat jernih dan berkilau diterpa matahari. Tidak perlu takut terganggu dengan keramaian pengunjung atau penjaja makanan dan souvenir, it's like a private beach.. hanya ada beberapa warung kopi dan jejeran pohon kelapa disepanjang pantai ini. Pantai ini terletak di desa letung kabupaten Anambas, kabupaten termuda di Kepulauan Riau. Batam ke Anambas ditempuh selama 1 jam dengan pesawat, dilanjutnya dengan naik pompong (sejenis perahu tempel tradisional) selama 4 jam. Nah dari dermaga anda hanya perlu menyewa ojek untuk sampai ke pantai padan melang ini,  kurang lebih 20 menit. Yaa banyak keindahan di Indonesia yang tersembunyi karena Pemerintahnya malas membangun yang namanya transportasi, tapi tenang saja di setiap sudut Indonesia selalu ada kawan yang bersedia mengantar, namanya tukang ojek... :D

Pantai Jemaja, Kepulauan Riau



Ranai Natuna daerah terluar Kepulauan Riau yang berada di Laut Cina Selatan. Tapi di situlah berkahnya, beraneka jenis ikan laut nan sedap terdapat disini. Anda mau kerapuh, cakalang, lebam, bawal, atau napoleon ?? semua ada disini... (udah kayak penjual ikan yak.... heheheheheh). Bagi pecinta seafood, sepulang dari Ranai sebaiknya anda perliksa kolesterol anda... :D Setiap teluk di Ranai dihuni gubuk-gubuk perangkap  ikan, dan pondokan nelayan penangkap ikan yang berjejer teratur disela-sela mangrove yang hijau menggumpal. Datanglah ke sini di pagi hari, maka anda akan disuguhkan semangat pagi nelayan yang pulang melaut dengan kapal-kapal yang penuh ikan.. sungguh sangat indah kawan.


 
Kampung Nelayan, Ranai Natuna
Anda pernah ke pulau penyengat ?? ke masjid penyengat mungkin sudah pasti iya, tapi pernah kah berkeliling sampai ke belakang pulau penyengat ?? Tempat ini menyajikan keindahan yang lain kawan. Banyak pelantar-pelantar nelayan  yang menjorok jauh ke laut di tempat ini. Dan bagi anda penggemar memancing, siapkan kail anda dengan baik hasrat anda akan terpuaskan disini. Jika anda cukup lelah untuk memancing, bersantailah sejenak di rumah adat melayu yang sekaligus menyimpan beberapa peninggalan Raja Ali Haji, termasuk puisi gurindam 12 yang kesohor itu. Namun sebaiknya anda cukup hati-hati, arus pasang di tempat ini cukup tinggi terutama di musim utara.. yaa hanya untuk yang berani.



Pulau Belakang Padang, Tanjungpinang

Bintan tidak hanya cantik pantainya, coba kenali sisi lain dari bintan. sebagai ex daerah tambang boxit bintan dikelilingi tempat-tempat dengan jalan off road yang amburadul. Sekilas tampak amburadul, tapi siapkan adrenalin anda jika tertarik menjajal jalan2 off road yang mengitari Sungai Pulai dan Sungai Wacopek. Di sini lah tantangan sejatinya jalan-jalan off road yang tidak "by desain" karena kondisi jalan tersebut dikerenakan merupakan bekas areal tambang. Saat ini sebagian lokasi di sini masih merupakan private area dan tidak bebas untuk umum, namun sedang dikembangkan menjadi tempat wisata alam. di beberapa tempat pohon-pohon pinus mulai tumbuh subur menghias lokasi ini, dan tentu saja aliran sungai yang cukup deras. Satu lagi, sunset ditempat ini sangat indah, di hiasi kepulan debu dari jalan-jalan off road.. luar biasa !!



Boxit Site, Bintan
Semangat menjelajahi Indonesia, sesekali traveling keluar dari jalur yang biasa bisa membuat kita menemukan banyak sudut-sudut penuh keindahan yang belum pernah terekam oleh memori.. saran terakhir saya, siapkan kamera anda kawan !!



sumber:SoulinArt
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

2 Komentar:

uyal 78 said...

bintan mantap...
tanjung balai karimun mana bos...???
dengar kabar pantainya juga indah tuw...
pengen lihat nee...

dearest love said...

Hai :-) disana ada penginapan? Atau kemaren kesana cuma pergi pulang gitu? Hehe

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar