Friday, 3 August 2012

Pantai Bambang Lumajang



A.    Kondisi Umum Kabupaten Lumajang
Kabupaten Lumajang terletak pada 112°53'–113°23' Bujur Timur dan 7°54'–8°23' Lintang Selatan. Kabupaten Lumajang terdiri dari dataran yang subur karena diapit oleh tiga gunung berapi yaitu  Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 m, Gunung Bromo dengan ketinggian 3.2952 m, dan Gunung Lamongan yang tingginya 1.668 m. Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Lumajang adalah sebagai berikut :
  -  Sebelah barat         :   Kabupaten Malang
  -  Sebelah utara         :   Kabupaten Probolinggo
  -  Sebelah timur         :   Kabupaten Jember
  -  Sebelah selatan      :   Samudera Indonesia
Ketinggian daerah Kabupaten Lumajang bervariasi dari 0-3.676 m. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di kawasan tapal kuda Provinsi Jawa Timur. Di bagian barat laut, yakni di perbatasan dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo, terdapat rangkaian Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru. Bagian timur laut adalah ujung barat Pegunungan Iyang. Bagian Timur yang ber-relief rendah menjadikan Lumajang memiliki banyak wisata Pantai seperti Pantai Bambang, Watu Pecak, Watu Godeg, dan Watu Gedeg.
Di lingkaran pegunungan Semeru terdapat daerah Piket Nol yang menjadi puncak tertinggi di lintas perbukitan selatan berdekatan dengan Goa Tetes yang eksotis. Di Daerah Sumber Mujur juga terdapat Kawasan Hutan Bambu di sekitar mata air Sumber Deling yang merupakan kawasan pemuliaan dan pelestarian aneka jenis tanaman bambu. Selain itu, di Pasrujambe terdapat sebuah tempat wisata mata air suci dan pura watu klosot yang menjadi kawasan tujuan wisata bagi peziarah hindu dari Bali. Kecenderungan masyarakat sekarang lebih suka pada obyek wisata alam. Sejumlah obyek wisata alam di Kabupaten Lumajang yang sangat potensial antara lain, Segi Tiga Ranu, Hutan Bambu, Pantai Bambang, dan sebagainya.
B.     Wisata Pantai Bambang

Pantai Bambang merupakan salah satu icon dari Kabupaten Lumajang yang secara administrasi terletak di Desa Bago, Kecamatan Pasirian. Pantai ini terletak pada 8°17’ 26,5” LS dan 113°06’37,8” BT. Pantai Bambang merupakan salah satu tepi pantai Samudera Hindia yang dikenal sebagai pantai selatan.
Pantai Bambang memiliki bentuk lahan marin yang dibentuk oleh gelombang laut. Tipe gelombangnya adalah spilling karena dorongan angin dari samudera terhambat oleh bentangan Pulau Nusa Barong sehingga gelombangnya tidak terlalu besar. Abrasi di pantai ini sangat kuat dan anginnya lembab.  Pasir di pantai ini berwarna hitam berkadar besi tinggi yang berasal dari material Gunung Semeru yang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai. Pasir ini juga berfungsi untuk menampung air hujan sehingga di sekitar daerah tersebut banyak terdapat air tawar meskipun di dekat laut.
Seperti kebanyakan pantai selatan lainnya, Pantai Bambang masih mempunyai nilai magis yaitu dengan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan Nyi Roro Kidul, meskipun kepercayaan tersebut tidak sekental di Parangtritis Yogyakarta. Pada saat terjadi kecelakaan, misalnya ada pengunjung yang terseret arus, masyarakat percaya bahwa hal tersebut terjadi karena Ratu Pantai Selatan meminta tumbal. Masyarakatpun percaya bahwa setiap tahunnya akan ada korban atau tumbal yang diminta oleh Ratu Pantai Selatan.
Saat hari-hari libur seperti liburan sekolah maupun hari-hari besar, Pantai Bambang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Hal ini dikarenakan pantai ini mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua dan roda empat dengan akses jalan yang mudah. Selain itu penyediaan tempat parkir yang cukup luas membuat pengunjung yang membawa kendaraan pribadi menjadi nyaman dan merasa aman.
Saat memasuki pantai, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan jati. Hutan ini menambah keindahan dan minat pengunjung pantai. Untuk mendukung Pantai Bambang sebagai tempat wisata, di beberapa sisi pantai terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Makanan yang di jual di sana sangat berfariasi, mulai dari makanan ringan sampai makanan yang mengenyangkan. Selain itu juga ada tempat persewaan kamar mandi sehingga ketika selesai bermain di pantai, pengunjung dapat membersihkan diri di kamar mandi tersebut.
Keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin karena pada saat hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri pemerintah memperketat keamanan untuk meminimalisir tindak kejahatan maupun menjaga keamanan pengunjung di pantai. Setiap Hari Raya Idul Fitri dipastikan pengunjung akan sangat banyak oleh sebab itu pemerintah bekerja sama dengan masyarakat sekitar membentuk tim keamanan yang beranggotakan dari anggota Polsek Pasirian, anggota Koramil Pasirian, anggota Polres Lumajang, dan juga tim SAR. Dengan demikian keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman saat liburan di sana.
Namun demikian masih ada beberapa kekurangan Pantai Bambang sebagai tempat wisata. Kebersihan Pantai Bambang masih kurang mendapat perhatian. Banyak terdapat sampah plastik dan sampah dari laut yang tercecer di pasir. Pemandangan sampah ini jelas terlihat pada hari-hari besar saat pengunjung pantai banyak. Untuk menindak lanjut kebersihan di pantai ini, perlu di galakkan pengelolaan kebersihan di Pantai Bambang agar keindahan pantai tidak tertutup oleh sampah.

Keberadaan tower pemantau yang permanen belum tersedia di Pantai Bambang. Tower pemantau ini sangat penting karena Pantai Bambang merupakan pantai yang berombak besar dan sering memakan korban. Hal ini dirasa perlu untuk dipertimbangkan keberadaannya mengingat fungsi vitalnya sebagai salah satu sarana pendukung wisata di pantai ini.
Keindahan Pantai Bambang memang sudah diakui oleh masyarakat banyak, akan tetapi masih ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi agar menambah daya tarik pantai ini. Selain yang telah diungkapkan di atas bahwa masalah kebersihan dan tower pemantau yang sangat penting keberadaannya, perlu adanya fasilitas pendukung lain. Fasilitas yang dimaksud yaitu misalnya penambahan area bermain atau pembangunan pantai yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang. Dengan membangun area bermain,  pantai ini akan mempunyai fariasi wisata yang dapat ditonjolkan.
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

0 Komentar:

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar