Beberapa info mengenai objek wisata pantai yang ada di seluruh indonesia

Pantai Sawarna Banten

Banten punya destinasi alamnya yang indah, yang berupa pantai. Namanya Pantai Sawarna. Perairannya yang jernih dan mengelokkan mata, adalah sesuatu yang didambakan setiap pecinta wisata bahari.

Lokasi
Pantai Sawarna Banten berlokasi di Desa Sawarna tepatnya di Kampung Gendol, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Jarak pantai ini bila ditaksir dari Kota Rangkasbitung, yaitu sekitar 150 km. Jelajah alam yang menakjubkan bisa dilakukan di pantai ini dan wilayah sekitarnya. Para traveler pun bisa memanfaatkan sebagian waktunya untuk berbaur dengan warga sekitar yang kultur kesehariannya masih terlihat tradisional.

Pesona Alam Pantai Sawarna

Sejumlah wisatawan bukan hanya datang, lalu berjemur di tepian Pantai Sawarna Banten. Mereka juga melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya berselancar atau surfing. Bahkan peselancar dari negara lain, seperti Amerika, Jepang, Korea, dan Australia pernah merasakan debur ombak yang tinggi di pantai ini.

Di tepian pantainya, kita bisa bermain air sembari mengamati aneka terumbu karang. Bentuknya unik dan cantik. Bunyi deburan ombak semakin menambah eksotika alam pantai. Puas bermain air dan berselancar, kita bisa memanjakan diri menikmati aneka makanan dan minuman di kafe dan resto. Beragam menu tersaji di sana. Kebanyakan berupa makanan laut.

Selain wisata Pantai Sawarna Banten, kita juga bisa mengunjungi tempat wisata di Banten yang lain yaitu Pantai Tanjung Lesung dan gua-gua yang indah. Satu dari sekian gua yang berada di sana, yaitu Gua Laylay atau Gua Kelelawar. Sesuai namanya, gua ini juga dihuni oleh kawanan kelelawar. Selain menjadi habitat kelelawar, gua ini juga terdapat sungai yang mengalir di dalamnya.

Gua Laylay atau Kelelawar ini terbentuk sejak ratusan tahun silam. Faktor pembentukannya, yaitu adanya retakan pada batuan gamping lantaran pengaruh tektonik. Lambat-laun, retakan berubah menjadi jalan air yang bisa melarutkan gamping. Air tersebut kemudian mengalami pengendapan dan berikutnya membentuk berbagai ornamen dalam gua. Bagian paling dasar dalam gua ini, berupa sungai bawah tanah yang sangat jernih. Sungai ini juga mengandung lumpur dengan ketebalan sekitar 10 hingga 15 cm.

Selain gua Laylay, di Sawarna juga terdapat gua lain. Seperti Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Bukit Pasir Tangkil, dan Gua Singalong. Di sekitar Pantai Sawarna, kita pun bisa menyinggahi pantai-pantai yang berlokasi dekat dengan Pantai Sawarna. Di antara pantai tersebut, seperti Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Ciantir, Pantai Karang Taraje, Pantai Tanjung Layar, dan Pantai Teluk Legon Pari.

Transportasi

Untuk menuju Pantai Sawarna Anda dapat menempuh jalur: Serang-Pandeglang-Malimping-Bayah-Sawarna, Rangkasbitung-Cileles-Gunung Kencana-Malimping-Bayah-Sawarna, Pelabuhan Ratu-Ciabareno-Bayah.

Dari Jakarta, Anda dapat menggunakan jalur tol dari Tomang hingga Serang Timur. Berikutnya dari Serang Timur lanjutkan ke arah Saketi, di Pandeglang. Anda dapat pula naik bus jurusan Jakarta-Serang dengan tarif sekitar Rp20.000,00. Berikutnya dari Serang menuju Bayah menggunakan Elf bertarif Rp25.000,00.

Alternatif lain Anda dari Jakarta dapat menaiki bus ke Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu ada kendaraan Elf yang akan langsung mengantarkan Anda ke Sawarna dengan membayar ongkos sekitar Rp20.000,00. Jalur yang dilalui adalah: Pelabuhan Ratu-Cikuray-Cibeber-Bayah.

0 Comment for "Pantai Sawarna Banten"

Back To Top