Monday, 26 September 2011

7 Hewan yang bisa memancarkan cahaya


Beberapa jenis hewan punya cara alami yang unik untuk mengindar dari predator atau musuhnya. Misalnya cumi-cumi yang menyemprotkan cairan hitam mengandung zat yang tak disukai pemangsanya atau sigung yang mengeluarkan kentut sangat berbau. Nah sekarang ane mau membahas tentang binatang yang mengeluarkan cahaya dikala dia dalam keadaan bahaya

1.Siput Hinea brasiliana
Cara unik menghindari mangsa juga dimiliki spesies siput yang bernama Hinea brasiliana. Hewan laut ini bisa mengeluarkan cahaya dari cangkangnya. Cahaya yang bisa dipancarkan secara tiba-tiba itu mungkin untuk mengejutkan predator yang akan menyerangnya sehingga siput punya waktu untuk berlindung ke dalam cangkang.









2.Cumi-Cumi Famili Chiroteuthis
Para ilmuwan menemukan spesies cumi-cumi baru di Samudra Hindia. Penemuan itu dilaporkan oleh International Union for the Conservation Nature, Senin (15/11/2010). Adapun spesies tersebut termasuk dalam famili Chiroteuthid.Spesies yang ditemukan memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm ini memiliki organ yang mampu memancarkan cahaya untuk menakuti mangsanya. Menurut laporan IUCN, spesies tersebut ditemukan di bagian dasar laut yang terjal.





3.Kunang-Kunang
Ada lebih 2.000 spesies kunang-kunang, yang sebenarnya adalah kumbang bersayap. Mekanisme bercahaya kunang-kunang biasanya menunjukkan beberapa informasi misalnya masa hidupnya. Kunang-kunang bersinar bahkan ketika mereka masih berupa larva kecil. Kedipan kepucatan mereka, cahaya kapur bertindak sebagai peringatan bagi pemangsa.









4.Ubur-Ubur Jengger
Ubur-ubur jengger (Ctenophore) adalah makhluk lembut yang mirip dengan ubur-ubur dan anemon laut.
Mereka umumnya memakan tanaman mikroskopis dan hewan-hewan laut kecil.
Sebagian menangkap mangsa menggunakan tentakel (organ menyerupai belalai)
yang lengket dan dapat bergerak di air seperti tali alat memancing. Selain itu, hampir semua ubur-ubur jengger memiliki sel penghasil cahaya khusus di sepanjang punggung tubuh mereka yang berlipit.







5.Cacing Bom
Spesies cacing baru yang ditemukan di kedalaman laut memiliki keunikan karena tubuhnya bisa menampakkan cahaya. Ilmuwan mengatakan, cacing langka itu bisa mengeluarkan "bom alami" dari pendaran cahaya dalam tubuhnya. Karena kemampuannya yang unik itu cacing itu mendapatkan nama ilmiah Swima bombiviridis. Karen Osborn dan timnya dari Scripps Institution of Oceanography di University of California, San Diego, melaporkan temuan tujuh spesies cacing baru dalam jurnal ilmiah Sains.







6.Anglerfish
Anglerfish merupakan ikan yg unik. Penampilannya sekilas menyeramkan karena tubuhnya berbentuk bulat & memiliki mulut yg lebar & bertaring melengkung panjang. Ciri khas lain ikan angler adalah organ lampu pada semacam "tali pancing" di bagian atas moncongnya. Ikan angler jenis lain, misalnya Thaumaticthys pagidostomus, memiliki organ cahaya di bawah giginya. Ikan angler tidak memiliki gelembung renang ( karena pada kedalaman itu gelembung renang atau paru-paru manusia) akan hancur akibat tekanan bawah laut, sehingga ikan itu menghabiskan seluruh hidupnya di laut dalam & tidak pernah naik ke permukaan.


7.Krill
Krill adalah crustacea seperti udang yang dapat ditemui di semua samudera dunia. Mereka dimakan oleh banyak binatang, termasuk burung, paus, cumi-cumi dan hiu paus. Mereka biasanya ditemukan pada grup besar, dengan lebih dari 10.000 krill per meter kubik. Kelebihan dari krill ini yaitu mereka bisa memancarkan cahaya dari tubuhnya untuk menakuti pemangsanya.













sumber: ARIFINITY BLOG
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

8 Komentar:

bazonk87 said...

artikelnya bagus gan n masih ada lagi g hewan yg bs memancarkan cahaya :)
template nya keren gan :)

Syaiful Anwar said...

oh ya?? makasih, belajar nich edit2 template sendiri hehehe

drummer said...

good artikel. thanks n salam.

Devanoby said...

itu anglerfish apaan gan?? serem benerr kayanya..
baru liat ane..
nice info gan..

mampir ke blog ane jg ya.. :)

Syaiful Anwar said...

Anglerfish itu adalah ikan yang habitatnya sebagian besar ditemukan hidup di lautan Antartika dan Atlantik pada kedalaman dari 2 - 500 meter.

nah klo sobat pernah main game FeedingFrenzy, nah disitu di gambarkan seperti apa ganasnya si Anglerfish itu, tapi dia kelihatan cantik dengan tubuh yang bisa bercahaya..,

thank's sob kunjungannya

Anonymous said...

ssiipphh dah..
lebih banyak kreasinya pastii tambah siip,,

tiket pesawat murah said...

bagus2 banget nih,
tapi ada juga yang terlihat menyeramkan

Syaiful Anwar said...

menyeramkan bukan berarti mengerikan wkwkwkw

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar