Beberapa info mengenai objek wisata pantai yang ada di seluruh indonesia

Pantai Menganti Kebumen

Kebumen ternyata menyimpan beragam keindahan pantai yang sayang dilewatkan saat berlibur. Garis pantai yang membujur dari wilayah Kabupaten Cilacap sampai Purworejo ternyata menyumbang destinasi wisata alam yang luar biasa di wilayah Kebumen.

Pantai Karangbolong (pernah diapdate di postingan sebelumnya), Pantai Ayah, Pantai Suwuk dan Pantai Petanahan mungkin sudah cukup pupler di kalangan wisatan. Untuk itu cobalah menikmati suasana yang berbeda di Pantai Menganti.

Pantai Menganti ini berlokasi di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berlokasi kurang lebih 40km dari kecamatan Gombong. Pantai Menganti bisa di jangkau dengan kendaraan bermotor. Tetapi lebih di sarankan untuk menggunakan sepeda motor saja, jangan menggunakan mobil ataupun bus. Dan sepeda motor yang di gunakan pun kalau bisa dalam keadaan yang sangat prima di karenakan medan jalan yang masih sangat susah di lalui.

Ada 2 rute yang bisa para penelusur lalui, yang pertama jika para penelusur berada di Gombong, para pnelusur bisa mengambil arah ke Puring, belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dolanjutkan menuju pantai Menganti dengan melewati jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang curam. Jika para penelusur memilih rute ini jaraknya hanya 38 kilometer saja. Dan rute yang kedua ini memiliki jarak yang lebih jauh. jarak yang di butuhkan sekitar 45km dengan waktu tempuh selama 1.5 jam. Dari Gombong, para penelusur bisamenuju arah barat ke pantai loegending lalu pilih jalur naik ke arah pantai mengantai kebumen.

oke...lanjut ke pembahasan pantainya ya...

Pantai Menganti memiliki tebing tinggi dan besar yang mengepung hamparan pasir putih. Pantai ini seperti menyimpan surga tersembunyi di balik pegunungan karst. Deburan ombak, birunya laut serta pasir pantainya yang berwarna putih menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus menyejukkan pemandangan di depan mata.

Tak jauh dari pantai juga terdapat beberapa gubuk-gubuk yang tersedia di pinggiran tebing. Gubuk ini disewakan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai sekaligus melepas lelah. Lokasinya juga jauh dari pemukiman penduduk. Meskipun berada di pesisir pantai selatan namun ombak di Pantai Menganti tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan karena lokasi pantai yang dikelilingi oleh gunung karang dan kapur.

Selain bermain air atau hanya duduk-duduk menikmati pemandangan alam, para pengunjung bisa juga berbaur dengan keseharian para nelayan setempat yang sangat bersahaja. papa nelayan ini biasanya duduk-duduk di kapal mereka pada siang hari, dan baru akan melaut saat menjelang malam.

Pantai ini juga pernah menjadi tempat ajang lomba selancar nasional di tahun 2011. Tak hanya itu saja Pantai Menganti juga memiliki air terjun dan goa yang cukup menarik perhatian. Air terjun tersebut letaknya agak jauh sehingga pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi.
Photo by nisvilailany

Bila ingin menyaksikan keindahan pantai secara keseluruhan naiklah ke mercusuar. Di puncak bukit terdapat sebuah mercusuar setinggi 20 meter yang dibangun oleh Belanda sejak tahun 1912-1915. Perbukitan karang yang membentang sekaligus birunya laut yang tersaji di depan mata akan semakin menyempurnakan keindahan Pantai Menganti.
Labels: Pantai

Thanks for reading Pantai Menganti Kebumen. Please share...!

0 Comment for "Pantai Menganti Kebumen"

Back To Top