Saturday, 23 July 2011

Pantai Tanjung Penyusuk, Keindahan Alami Pantai di Ujung Utara Bangka


Tanjung atau semenanjung adalah daratan yang menjorok ke laut. Dari sekian banyak tanjung di Pulau Bangka, salah satunya adalah Tanjung Penyusuk yang terkenal dengan keindahan pantai dengan bebatuan karang. Pantai ini masih tampak alami, karena belum tereksplorasi. Jadi, jangan pernah berharap menemukan hotel atau restoran di kawasan pantai. Hanya ada beberapa pendopo semi permanen yang dibuat sebagai tempat peristirahatan pengunjung. Juga disediakan sumur timba untuk tempat bilas bagi pengunjung yang mandi di sana.

Gelombang yg besar di pantai penyusuk
Arus laut disebelah utara pantai ini terbilang cukup besar, gelombangnya pun tinggi karena berbatasan langsung dengan laut natuna. Sedangkan di pantai sebelah barat, arus lautnya lebih tenang dibandingkan dengan yang sebelah utara. Oleh sebab itu, mandi di kawasan utara pulau ini terbilang cukup berbahaya.
Sebelum memasuki kawasan pantai, dalam perjalanan menuju titik paling utara di pulau Bangka ini, kita akan disuguhkan pemandangan Batu Granit yang bertumpuk – tumpuk. Dan tepat ketika tiba di kawasan pantai, dua batu granit besar mirip pintu gerbang, tegak berdiri.

Pasir putih yang bersih berikut air laut yang biru kehijauan juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Selain masih alami, pantai ini tampak bersih dari kotoran maupun sampah. Batu Granit di sebagian bibir pantai seolah menjadi pelindungnya dari abrasi yang kerap merenggut sebagian besar keindahan pantai di Pulau Bangka. Pesonanya semakin lengkap dengan kehadiran pepohonan yang hijau segar yang menjadikannya cocok sebagai tempat perenungan begitu besar kuasa Tuhan.

ika ingin mencari wisata pantai yang alami, inilah tempatnya. Perjalanan dari kota Belinyu hanya memakan waktu sekitar setengah jam, atau jika dimulai dari ibu kota propinsi kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, perjalanan ditempuh kurang lebih 2 – 3 jam. Hanya sayang, untuk menuju kesana satu – satunya moda transportasi yang dapat digunakan adalah Mobil Carteran :-)

Oya, saya juga berharap pantai ini tidak menjadi salah satu kawasan yang akan dirusak oleh penambang timah liar. Karena dalam perjalanan ke pantai, tampak lahan – lahan bolong akibat galian timah inkonvesional. Tentunya ini dapat merusak keindahan Tanjung Penyusuk.



Original Post By : Bangsaid.com
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

2 Komentar:

cari tiket pesawat said...

wow fantastis,,
wisata yang masih sangat asri dan belum banyak wisatawannya,,
tapi dibutuhkan waktu agak lama dan harus pakai transportasi charteraan,,
ok thans gan infonya,,

Syaiful Anwar said...

ia sob, mengingat blum adanya kerjasama pemerintah, jadi untuk fasilitas ya sangat terbatas..,

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar