Beberapa info mengenai objek wisata pantai yang ada di seluruh indonesia

Pantai Klayar, Objek Wisata Andalan Pacitan


Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang terletak di kabupaten Pacitan (Jawa Timur), tepatnya di kecamatan Donorojo. Pantai ini masih cukup asri karena belum terlalu banyak yang berkunjung ke pantai ini. Pada musim lebaran kemarin (tahun 2010) pantai ini sudah lebih ramai dibandingkan dengan kunjungan saya tahun 2009. Di luar musim lebaran pantai ini masih relatif sepi.

Hamparan pasir putih yang luas membentang, lembut sekali pasirnya. Lintasan geologi di sekitar Pantai Klayar menawarkan pemahaman terhadap morfologi pantai yang dipengaruhi oleh struktur geologi dan gejala pengangkatan aktif pantai selatan. Pengangkatan ditunjukan oleh tersingkapnya endapan batu-gisik (beach-rock), yang sebagian permukaanya ditutupi oleh rumput laut.


Di pantai dengan pasir putih ini Anda juga dapat menikmati pemandangan yang cukup menarik. Di sisi barat, Anda dapat naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan ke arah laut lepas atau pemandangan di sekitar pantai Klayar. Di sisi timur Anda dapat naik ke batu karang. Di tempat ini terdapat semacam air mancur yang berasal dari lubang batu karang yang terkena hempasan ombak pantai selatan.

Efek blow pipe di pantai ini menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang diikuti bunyi melengking. Semburan mirip geyser. Ini terjadi secara periodik.

Fenomena itu disebabkan oleh tertekannya air laut dan udara yang terjebak di dalam saluran di sepanjang retakan batuan oleh gelombang. Abrasi yang mengikis bongkahan batuan membentuk aneka ragam bangun yang disebut tafon

Tipikal pantai Klayar adalah pantai yang dapat dinikmati dari sisi pemandangan dan suasananya, bukan tipikal pantai yang cocok untuk berenang. Kalau Anda senang dengan dunia fotografi, pantai ini cocok untuk diabadikan dalam kamera.

Di samping itu juga ada air mancur alam .Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut ini, oleh masyarakat sekitar diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.

Jarak pantai Klayar dari Yogyakarta kurang lebih sekitar 110 km, dengan rute Jl. Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro yang ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam. Mengingat pantai Klayar ini belum dilalui oleh angkutan umum, maka untuk menuju lokasi ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Dari jalan utama Pracimantoro – Pacitan, Anda bisa belok ke kanan (ada papan petunjuk arahnya). Jarak dari situ ke pantai Klayar masih kurang lebih 20 km. Beberapa bagian dari jalan menuju pantai Klayar banyak jalan yang berlubang, jadi Anda mesti berhati-hati.

Diantara beberapa pantai lain di Pacitan, menurut saya pantai Klayar merupakan pantai yang paling menarik pemandangannya. Anda yang menyukai wisata pantai dijamin tidak menyesal mengunjungi pantai ini :-)

Sekilas tentang pantai Klayar Pacitan:

* Belum ada penginapan
* Sudah ada beberapa warung makan yang menyajikan bakso, mie ayam dan soto
* Untuk masuk ke pantai Pacitan dikenakan tarif sekitar Rp 6.000,- (satu motor plus dua orang)
* Belum ada angkutan umum menuju pantai Klayar

Labels: Pantai

Thanks for reading Pantai Klayar, Objek Wisata Andalan Pacitan. Please share...!

50 Comment for "Pantai Klayar, Objek Wisata Andalan Pacitan"

Jadi kangen ama nih pantai, semoga semakin indah setiap harinya

hehehe, asli dari pacitan ya??

wah pantainya indah, Mungkin hanya mimpi yang bisa menghantar saya pergi kesana, hehe
salam Blogging With Me

tapi tidak jarang mimpi itu bisa jadi kenyataann, tetap semangat

kapan yach bisa datang kesini,,, impian dari dulu belum terwujud ****

asyik emang di pantai klayar suasananya yang semilir dan mendukung. jadi ingin kesana lagi

salam juga dari magetan dengan pesona wisatanya

sipp gan..mantaps ni pantai..!! asyik banget dech,,hehe

uwaahhhhh....buaguzzz puolll...luar biasa indahnya...kpn ya kesana...???

uwiiihhh....sungguh luar biasa indahnya ciptaan Tuhan ini....kira2 bisa kesana ga' yaaa..??

wowwwwwwww...
darigambar aja dah bikin pensaran buat liat gmna suasannya yang aslinya,
pasti seru dan menarik nih

jadi kangen ma kampung haaman ini...pantai taman di lorok juga bagus

Wuapikk teenan.....mau ahhh

nice blog....
keep writing indonesia beautiful and amazing..
i like indonesian beach

wuichhhhh .... harus dijadwalkan, ntuk menyaksikan keindahan pantai yg masih belum tercemar....

siap-siap minggu depan.....aku datang,:)

silahkan datang sob, mesti rameee

Mobil bs lewat sini pa ga sob?

maksudku mobil sedan lho

Bisa kok...Penasaran? silahkan berkunjung ya

hhhmmmmm.....
its not bad////

jalan'e nanjak g kie???

pacitan kota indah....,pengen ei jalan-jalan k'sana.
aku tertarikkk................heheheheh

wah Pacitan memiliki objek yang akan menjadi besar, yang akan menjadi buruan para turis asing juga domestik, terlebih yang pada seneng surfing, bakalan menjadi alternatif pantai, selain ke Jogja orang akan pergi juga ke Pacitan, semoga terjaga selalu bersama keasrian objek nya.

selain pantai, apalagi yang menarik di pacitan?

klo klo untung penginap'an sama X bLum ada, jdi klo yg mau nginap beberapa hari di pantai klayar susah dong

wah klo yg itu ane blum sempat crosscheck gan...hehehe

wow... skrg dh sangat bagus nih,, pengin ksana lagi

Masih teringat pertama x ........ dgn kamu.. pingin ksana lg... dgn yg lain...

Pengen ke sana...rute dari Jombang bahaya g lok pakai motor??

Enggak mas brow, via Kediri, T.agung, T.galek, Ponorogo perjlnan lebih enjoy jauh dari kepadatan lalulintas daripada via nganjuk, madiun, ponorogo.

Enggak mas brow, via Kediri, T.agung, T.galek, Ponorogo perjlnan lebih enjoy jauh dari kepadatan lalulintas daripada via nganjuk, madiun, ponorogo.

nah tuch ada yng lebih tau, makasih sob sharingnya...

makasih sharenya sobat....

alamat pastinya ... pacitan man...? lengkap

dari srau jauh kah ?



ke slayar dari teleng ria ke arah mana

Apik tenan (y)

dari ponorogo skitar brapa jam ??

2,5 jam dah sampai gan dari ponorogo..

Mantap pantainya, deket rumah, seneng kalo ada yang ikutan promosi.hehe

yoa, mari kita promosikan keindahan alam indonesia yg tidak ter ekspose

Wah bagus juga nih pantai klayar
jadi mau kesana
semoga pariwisata Indonesia makin maju

wuihhh,,menakjubkan pantainya,,sayangnya aku jauh

Back To Top