Saturday, 1 June 2013

Pantai Nampu Wonogiri


Bismillah......

Posting pertama di bulan Juni niech, sekarang kita bergerak ke pantai nampu wonogiri ya...
Wonogiri adalah salah satu bekas wilayah eks-Karesidenan Surakarta yang memiliki keindahan dalam panorama alamnya. Segala bentuk keindahan alam dimiliki oleh Wonogiri dari mulai gunung hingga pantai. Dari daratan tinggi hingga bekas daratan bekas lautan ada di Wonogiri.

Secara geografis, Pantai Nampu berada di sisi Selatan Kabupaten Wonogiri. Pantai Nampu berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Bagi wisatawan yang ingin bertamasya kesana baru bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Pasalnya pemerintah daerah belum menyediakan transportasi kendaraan umum.
Pantai Nampu adalah salah satu spot terbaik yang belum bnyak dieksplor oleh para penikmat alam dan pecinta pantai. Pantai yang terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. 

 Jarak tempuh dari kota Wonogiri ke spot sekitar 70 km dan butuh sekitar 2 jam untuk sampai di tempat wisata. Deburan ombak biru yang beradu keras dengan karang-karang putih menjadi salah satu titik keindahan yang dimiliki pantai ini. Pantai Nampu memiliki sekitar 3 spot pantai yang dipisahkan oleh gundukan daratan hijau. Selain pantai dengan berpasir putih, pantai ini juga menawarkan sebuah keindahan dan kealamian yang belum tercemar oleh polusi. Sebuah maha karya Tuhan di ujung selatan Wonogiri.
Rute perjalanan dapat ditempuh dari Kecamatan Ngadirojo-Kecamatan Baturetno - Giriwoyo - Giri Tontro - Perempatan Giri Belah - Paranggupito. Jika wisatawan ari Surakarta dapat mengambil jalur Kota Wonogiri ke Paranggupito kemudian akan sampai di perempatan Giri Belah dan diteruskan ke Kecamatan paranggupito.

Pantai Nampu yang belum dipegang oleh pemda sampai sekarang masih tetap menjadi tanggungan warga sekitar pantai untuk menuai pendapatan. Pantai yang masih tergolong perawan jika dibanding dengan Pantai Parangtritis, Krakal, Baron, dll ini memiliki potensi wisata yang begitu luar biasa. Jika anda datang pada hari-hari kerja Anda kemungkinan besar akan mendapatkan Pantai Nampu dalam keadaan sepi dan seperti pantai milik sendiri karena pantai ini memang belum begitu dikenal sehingga hanya ramai pada hari-hari tertentu.

Walaupun berada di pelosok yang jauh dari hiruk pikuk kota, namun untuk masalah media transportasi seperti jalan tidak perlu dirisaukan karena jalan sudah sangat baik. Namun para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa menggapai pantai ini karena belum adanya angkutan yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Selama perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan khas batuan kars dan bukit-bukit hijau dengan tumbuhan yang menyejuk hati dan mata. Udara begitu bersih dan menyegarkan menjadi panorama tambahan bagi Anda sebelum Anda mencicipi bibir lautan Selatan milik Wonogiri.
Tiket masuk Pantai hanya Rp. 2000,- dan ditambah dengan uang untuk parkir sebesar Rp. 2000,-. Wooww… sangat murah sekali jika dibandingkan dengan keindahan dan keeksotisan pantai yang akan dapatkan. Di Pantai ini ada bisa berenang namun haruus berhati-hati karena Anda harus ingat pantai ini adalah bagian dari Lautan Selatan yang terkenal dengan ombak yang besar. Selain itu di pantai ini tidak ada petugas penjaga pantai yang mengawasi Anda sehingga paket wisata Anda harus dilengkapi dengan keamanan dan kehati-hatian yang extra.

Soal kuliner jangan Anda risaukan di Pantai ini Anda dapat menikmati es kelapa muda dengan gula dari nira kelapa yang diambil langsung dari pohon sekitar Pantai oleh penduduk setempat. Kalau makan menu utamanya yang tersedia hanya masakan mie. Jadi bagi Anda yang tidak suka makanan mie harus siap-siap masakan sendiri dari rumah.

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan lebih dari pantai ini termasuk sunset dan sunrise Anda bisa camping di bukit-bukit sekitar pantai. Anda dapat menikmati suasana malam hari dengan kerlap-kerlip perahu nelayan yang mencari ikan. Indah tak terperikan.

Jadi bagi Anda yang sekarang masih kebingungan untuk menentukan spot wisata untuk akhir pekan, Pantai Nampu bisa menjadi andalan bagi Anda memuaskan rasa dahaga anda dengan panorama pasir putih di ujung selatan Wonogiri.
 
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

3 Komentar:

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar