Monday, 2 May 2011

Pantai Baron Yogyakarta


A. Selayang pandang
          Deretan pantai selatan Yogyakarta yang membentang dari barat ke timur memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pantai-pantai tersebut menawarkan kemolekannya masing-masing untuk dikunjungi. Ada yang menawarkan masakan laut, pemandangan sunset, pasir putih, dan berbagai keunikan yang lain.
          Begitu pula dengan Pantai Baron. Pantai ini tak mau mengalah untuk menjadi pantai yang cantik untuk dikunjungi. Pantai Baron menawarkan pemandangan yang indah dan masakan hasil laut yang memanjakan lidah. Tak heran kalau pantai ini menjadi favorit para wisatawan di samping pantai-pantai lain yang menjadi deretan Pantai Baron, yaitu Pantai Siung, dan Pantai Sundak. Bahkan, Pantai Baron tak kalah elok dengan pantai di daerah lain seperti Pantai Parangtritis, Depok, Pantai Glagah, dan pantai-pantai yang lain.

          Pantai Baron terletak di wilayah Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Sebagaimana pantai-pantai selatan Yogyakarta yang lain, Pantai Baron memiliki ombak yang besar sehingga para wisatawan tidak boleh melewati batas yang telah ditentukan dan harus berhati-hati jika ingin berenang di pantai ini.
          Pantai ini sebenarnya berupa teluk yang diapit oleh dua buah bukit di sisi kanan dan kirinya. Pasir berwarna cokelat menghampar di sepanjang pantai. Di atas pasir itu, berjajar perahu-perahu nelayan membelakangi lautan. Kapal-kapal itu baru pulang dari melaut atau sedang beristirahat kala musim melaut belum tiba. Pantai Baron memang menjadi dermaga bagi para nelayan untuk berangkat dan pulang untuk mencari nafkah. Sehingga, di kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai pasar para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya.

          Tak kalah menariknya adalah perjalanan ke pantai ini. Sepanjang perjalanan ke Pantai Baron, Anda akan disuguhi pemandangan alam perdesaan yang eksotis dan masih alami. Bukit-bukit, sawah, dan lanskap alam yang hijau akan membuat mata menjadi lebih segar. Jalan yang berkelok-kelok dan naik turun akan menjadi pengalaman berkendara yang mengasyikkan.

B. Keistimewaan
           Di pantai Baron, Anda dapat berenang sepuasnya asalkan tidak melewati batas terjauh yang telah ditentukan. Sebab, bagaimanapun pantai ini mempunyai ombak yang besar. Anda dapat bermain pasir sepuasnya, menikmati badan yang lengket karena air laut, atau menikmati asin angin laut yang kencang berhembus. Setelah puas bermain air laut, Anda dapat mandi di muara sungai bawah tanah yang terdapat di pantai ini. Air sungai bawah tanah ini cukup segar. Berbeda dengan sungai yang kita kenal biasanya, sungai ini jauh dari pencemaran karena sungai ini mengalir di bawah tanah.

          Bermain pasir dan mandi memang menyenangkan, tetapi akan kurang rasanya kalau tidak mencicipi masakan laut hasil tangkapan para nelayan. Berbagai restoran yang ada di kawasan pantai menyediakan berbagai masakan laut yang dapat Anda nikmati dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin memasak sendiri ikan tersebut, Anda dapat membelinya di TPI yang juga berada di sekitar pantai ini. Tentu saja, ikan yang ada di sana masih segar karena langsung berasal dari laut yang berada di sebelahnya.
          Dua bukit yang mengapit pantai ini merupakan lahan perkemahan yang dapat Anda gunakan jika Anda suka petualangan dan ingin menikmati suasana alam Pantai Baron malam hari. Dari atas bukit, terlihat laut yang membentang, bukit yang berada di seberang yang lain, dan perahu-perahu berwarna putih dan biru yang berjajar rapi. Bukit-bukit di kawasan pantai ini cocok untuk digunakan sebagai lokasi lintas alam atau trekking. Anda akan tertantang ketika naik dan turun di bukit yang permukaannya terdiri dari bebatuan ini.
          Pemandangan pantai ini akan lebih indah menjelang senja, yaitu ketika langit mulai berwarna merah kekuningan dan matahari perlahan turun sebelum akhirnya menghilang. Bagi Anda penyuka senja, tentu tak akan rugi menikmati senja di pantai ini. Dari bukit sebelah kiri, panorama senja akan terlihat lebih indah.

C. Lokasi
          Secara administratif, Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Letak pantai ini adalah sekitar 65 km dari arah Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan dari Wonosari.

D. Akses
         Untuk menuju ke lokasi Pantai Baron, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.
         Anda yang hendak ke Pantai Baron dengan menggunakan kendaraan umum, jalur kendaraan umum yang dapat Anda tempuh adalah:
         Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yang menuju Terminal Giwangan. Biaya sekali jalan adalah Rp 3.000,00-. Dari Bandara Adisucipto, Anda dapat langsung naik bus Trans-Jogja jalur 3B langsung ke Terminal Giwangan. Ongkos bus dari bandara ke Terminal Giwangan adalah Rp 3000,00-.
         Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda dapat naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari dengan jarak tempuh antara 1 hingga 2 jam. Setelah sampai di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dengan minibus yang menuju Pantai Baron.


E. Harga Tiket
          Untuk masuk di lokasi obyek wisata Pantai Baron, setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,-. Tiket ini sekaligus juga dapat digunakan untuk tiga pantai yang berada di deretan Pantai Baron, yaitu Pantai Sundak, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup. Biaya parkir di kawasan Pantai Baron adalah Rp 2.500,- untuk mobil dan Rp 1.000,- untuk sepeda motor.

F. Akomodasi dan Fasilitas lainnya

          Pantai Baron mempunyai beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain lahan parkir yang luas, restoran yang menyajikan berbagai masakan laut (seafood), hotel dengan harga terjangkau, camping ground yang berada di sekitar pantai, dan tempat untuk memancing.


Sumber : Jogjatrip
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

14 Komentar:

bopfive5 said...

pos komennya menarik,pantai baron sangat siip ,hasil gambar foto disana bagus dan jernih ,jadinya kayak HD,kameranya yang sony lho ya.komen balik ya kak.

Syaiful Anwar said...

Ia bener pake Sony Handycam DCR-SR47E, agak buram sich, susah ngatur cahaynya, coz waktu ambli fotonya panas banget cuacanya...

thank's ya dah koment

Anonymous said...

nama hotelnya hotel apa ya?? please jawab

Syaiful Anwar said...

untuk nama2 hotel ente masuk ke alamat ini aja sob Info Hotel Di Kab. Gunung Kidul, lengkap dech disitu semua hotel di kabupaten gunung kidul, dan yang deket dengan lokasi pantai baron,

Semoga bermanfaat

tiket pesawat said...

wahhh..
lengkap banget nih penjelasannya.
jadi penasaran suasana aslinya seperti apa,

ace.muncangdua said...

pantai yang indah ciptaan tuhan patut kita syukuri

anno said...

mantaap pantainyaaa..

Cream Syahrini said...

yang belum kesini bakalan dugi deh,
cz tempatnya bagus banget

Syaiful Anwar said...

thank's kinjunganya

Anonymous said...

Aduh jadi penasaran kalo kesana pakai mobil pribadi aman ga ya diperjalanannya

Smuhono said...

Aku pengiin lihat apa benar dan sesuai dengan komennya kok kelihatannya bagus dan asri... banget!

verpiblog said...

Apa asalnya dari nama Baron?

agus piranhamas trainer marketing online said...

Selamat pagi, INFORMASI yg disampaikan sangat MENARIK sekali, sehingga bisa MEMIKAT pengunjung dari luar Kota, atau pun MANCANEGARA

Semoga SUKSES dan MAJU selalu.

dari http://www.pembicarainternetmarketing.com/
081 333 841183 (Telkomsel)

irwantowukirsaripati said...

lg dengar nama baron aja seremmm ya... lihat fotonya jg oke...rencana 6 juni kesana ma teman sekantor ahhh

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar