Sunday, 22 April 2012

Membuat Chicklet Secara Online

Membuat Chicklet Secara Online : Seperti halnya favicon dan banner, chicklet adalah banner kecil yang juga dapat berfungsi sebagai brand dari suatu blog. Biasanya chicklet ini digunakan sebagai sarana untuk bertukar link (link exchange) antar pemilik blog yang satu dengan yang lain. Karena dapat berhubungan dengan citra suatu blog maka kita harus membuat chicklet tersebut sedemikian rupa sehingga dapat mencitrakan blog kita dan alangkah baiknya untuk tidak sering menggantinya. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya (memasangnya), pastikan chicklet tersebut adalah yang terbaik untuk blog Anda.
Sebenarnya ada etika tertentu dalam pembuatan chicklet ini antara lain, ukuran yang harus dipatuhi. Bisa dibayangkan jika masing-masing blogger menentukan sendiri ukuran chicklet ini. Ketika kita memasangnya pada blog maka akan terlihat berantakan dan tidak rapi atau kurang estetis, seperti terlihat dalam blog ini. Saya sendiri kurang begitu paham tentang ukuran standard chicklet ini. Saya telah mencoba googling di internet, namun saya tidak menemukannya. Namun setidaknya dari pengamatan saya, ukuran standard chicklet ini berkisar 80 X 15 pixel.
Memang chicklet ini, tidak seperti banner yang karena ukurannya lebih besar, menjadikan kita dapat bebas menggabungkan image dan teks bahkan animasi sedemikian rupa sehingga menjadikan banner lebih variatif dan "nyeni" dibandingkan chicklet. Namun demikian jika pembuatan banner ini tidak distandardkan ukurannya maka ketika dipasang pada blog akan menjadikan blog kita terlihat amburadul atau tidak estetis. Saya (secara pribadi) setuju jika para blogger membuat “kesepakatan” untuk menentukan ukuran standard banner ini seperti halnya chicklet.
Oleh karena itu, apa pun yang akan kita gunakan sebagai sarana tukeran link, baik banner maupun chicklet, seharusnya kita membuat “kesepakatan” terlebih dahulu sehingga ketika dipasangkan tidak akan menjadikan tampilan blog menjadi "semrawut" hanya gara-gara banner atau chicklet yang tidak standard ukurannya.
Kembali ke chicklet, seperti juga banner, bagi yang tidak begitu menguasai program-program pengolah grafis/gambar, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, MS Paint, dan lainnya, Anda dapat membuat chicklet dengan bantuan generator chicklet atau sejenisnya yang banyak tersedia di internet baik secara offline maupun online.
Bagi yang ingin membuat chicklet secara online, Anda dapat mencoba layanan gratis yang disediakan oleh http://www.chicklette.net. Dengan layanan tersebut, Anda dapat membuat chicklet secara mudah, praktis, dan instant. Hanya dalam ukuran menit, Anda sudah mempunyai chicklet yang lumayan bagus.
Untuk mencobanya, silakan ikuti langkah-langkahnya, sebagai berikut.
1. Silakan kunjungi situsnya di http://www.chicklette.net/chicklet-maker/, sehingga kita akan mendapati tampilannya seperti di bawah ini.
2. Kemudian lakukan kustomasi seperlunya, antara lain untuk warna background kanan dan kiri, warna teks kanan dan kiri, warna border (garis tepi), atau jenis dan ukuran huruf.
Untuk pilihan ukuran Chicklet, kita diberi tiga pilihan ukuran chicklet yang ada, yaitu standard (80X15), Google (104X17), atau Yahoo (91X17), untuk mengaturnya silakan menuju pada menu Chicklet Size.
Untuk pengaturan posisi batas kanan dan kiri, Anda dapat merubahnya pada menu Left/Right Break Position, semakin besar nilai yang kita berikan maka batasnya semakin geser ke kanan dan sebaliknya.
3. Tekan Create untuk melihat hasilnya.
4. Tunggu beberapa saat hingga Anda akan mendapati hasilnya berada di sisi sebelah kanan.
5. Kemudian segera lakukan download atau copy ke komputer (folder) Anda karena kita hanya diberikan waktu sampai dengan 15 menit. Lebih dari 15 menit, chicklet yang telah kita buat tersebut akan dihapus secara otomatis.
6. Selesai
Untuk lebih jelasnya, silakan dicoba-coba sendiri, ya. Sebagai contoh hasilnya, dapat dilihat di bawah ini.
Jika tertarik dan kebetulan belum mempunyai chicklet, selamat mencoba!!! Untuk panduan memasang atau membuat link banner exchange, silakan kunjungi textarea untuk link exchange banner.
Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

0 Komentar:

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar