Monday, 18 April 2011

Pantai Klayar, Objek Wisata Andalan Pacitan


Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang terletak di kabupaten Pacitan (Jawa Timur), tepatnya di kecamatan Donorojo. Pantai ini masih cukup asri karena belum terlalu banyak yang berkunjung ke pantai ini. Pada musim lebaran kemarin (tahun 2010) pantai ini sudah lebih ramai dibandingkan dengan kunjungan saya tahun 2009. Di luar musim lebaran pantai ini masih relatif sepi.

Hamparan pasir putih yang luas membentang, lembut sekali pasirnya. Lintasan geologi di sekitar Pantai Klayar menawarkan pemahaman terhadap morfologi pantai yang dipengaruhi oleh struktur geologi dan gejala pengangkatan aktif pantai selatan. Pengangkatan ditunjukan oleh tersingkapnya endapan batu-gisik (beach-rock), yang sebagian permukaanya ditutupi oleh rumput laut.


Di pantai dengan pasir putih ini Anda juga dapat menikmati pemandangan yang cukup menarik. Di sisi barat, Anda dapat naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan ke arah laut lepas atau pemandangan di sekitar pantai Klayar. Di sisi timur Anda dapat naik ke batu karang. Di tempat ini terdapat semacam air mancur yang berasal dari lubang batu karang yang terkena hempasan ombak pantai selatan.

Efek blow pipe di pantai ini menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang diikuti bunyi melengking. Semburan mirip geyser. Ini terjadi secara periodik.

Fenomena itu disebabkan oleh tertekannya air laut dan udara yang terjebak di dalam saluran di sepanjang retakan batuan oleh gelombang. Abrasi yang mengikis bongkahan batuan membentuk aneka ragam bangun yang disebut tafon

Tipikal pantai Klayar adalah pantai yang dapat dinikmati dari sisi pemandangan dan suasananya, bukan tipikal pantai yang cocok untuk berenang. Kalau Anda senang dengan dunia fotografi, pantai ini cocok untuk diabadikan dalam kamera.

Di samping itu juga ada air mancur alam .Air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga. Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter dan bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut ini, oleh masyarakat sekitar diyakini memiliki kualitas khusus sebagai obat awet muda.

Jarak pantai Klayar dari Yogyakarta kurang lebih sekitar 110 km, dengan rute Jl. Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro yang ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam. Mengingat pantai Klayar ini belum dilalui oleh angkutan umum, maka untuk menuju lokasi ini Anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Dari jalan utama Pracimantoro – Pacitan, Anda bisa belok ke kanan (ada papan petunjuk arahnya). Jarak dari situ ke pantai Klayar masih kurang lebih 20 km. Beberapa bagian dari jalan menuju pantai Klayar banyak jalan yang berlubang, jadi Anda mesti berhati-hati.

Diantara beberapa pantai lain di Pacitan, menurut saya pantai Klayar merupakan pantai yang paling menarik pemandangannya. Anda yang menyukai wisata pantai dijamin tidak menyesal mengunjungi pantai ini :-)

Sekilas tentang pantai Klayar Pacitan:

* Belum ada penginapan
* Sudah ada beberapa warung makan yang menyajikan bakso, mie ayam dan soto
* Untuk masuk ke pantai Pacitan dikenakan tarif sekitar Rp 6.000,- (satu motor plus dua orang)
* Belum ada angkutan umum menuju pantai Klayar

Mungkin anda juga menyukai artikel di bawah ini

46 Komentar:

onlinetourservices.com said...

Jadi kangen ama nih pantai, semoga semakin indah setiap harinya

Syaiful Anwar said...

hehehe, asli dari pacitan ya??

cayun said...

wah pantainya indah, Mungkin hanya mimpi yang bisa menghantar saya pergi kesana, hehe
salam Blogging With Me

Syaiful Anwar said...

tapi tidak jarang mimpi itu bisa jadi kenyataann, tetap semangat

suhar said...

kapan yach bisa datang kesini,,, impian dari dulu belum terwujud ****

Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011 said...

asyik emang di pantai klayar suasananya yang semilir dan mendukung. jadi ingin kesana lagi

salam juga dari magetan dengan pesona wisatanya

aangdmin's said...

mantab mas bro tempat wisatanya. keren abis

anto krisdiyanto said...

sipp gan..mantaps ni pantai..!! asyik banget dech,,hehe

Syaiful Anwar said...

Matur Nuwun Kunjungane....

Anonymous said...

uwaahhhhh....buaguzzz puolll...luar biasa indahnya...kpn ya kesana...???

Varid's Maospati said...

uwiiihhh....sungguh luar biasa indahnya ciptaan Tuhan ini....kira2 bisa kesana ga' yaaa..??

tiket pesawat said...

wowwwwwwww...
darigambar aja dah bikin pensaran buat liat gmna suasannya yang aslinya,
pasti seru dan menarik nih

Anonymous said...

jadi kangen ma kampung haaman ini...pantai taman di lorok juga bagus

tms7 said...

Wuapikk teenan.....mau ahhh

Giri Mahendra said...

nice blog....
keep writing indonesia beautiful and amazing..
i like indonesian beach

dedy said...

i like

Anonymous said...

wuichhhhh .... harus dijadwalkan, ntuk menyaksikan keindahan pantai yg masih belum tercemar....

BITSTORE said...

siap-siap minggu depan.....aku datang,:)

Syaiful Anwar said...

silahkan datang sob, mesti rameee

Syaiful Anwar said...

maksih kunjunganya

arif said...

Pingin ke pantai juga

Anonymous said...

Mobil bs lewat sini pa ga sob?

Anonymous said...

maksudku mobil sedan lho

Syaiful Anwar said...

Bisa kok...Penasaran? silahkan berkunjung ya

Anonymous said...

hhhmmmmm.....
its not bad////

Anonymous said...

jalan'e nanjak g kie???

muhammad nurromdhoni said...

pacitan kota indah....,pengen ei jalan-jalan k'sana.
aku tertarikkk................heheheheh

Rizal said...

wah Pacitan memiliki objek yang akan menjadi besar, yang akan menjadi buruan para turis asing juga domestik, terlebih yang pada seneng surfing, bakalan menjadi alternatif pantai, selain ke Jogja orang akan pergi juga ke Pacitan, semoga terjaga selalu bersama keasrian objek nya.

Anonymous said...

selain pantai, apalagi yang menarik di pacitan?

Milenic Motor Community said...

klo klo untung penginap'an sama X bLum ada, jdi klo yg mau nginap beberapa hari di pantai klayar susah dong

Syaiful Anwar said...

wah klo yg itu ane blum sempat crosscheck gan...hehehe

Anonymous said...

wow... skrg dh sangat bagus nih,, pengin ksana lagi

sastro said...

Masih teringat pertama x ........ dgn kamu.. pingin ksana lg... dgn yg lain...

mas-hanif said...

Pengen ke sana...rute dari Jombang bahaya g lok pakai motor??

Heroe Xoe said...

Enggak mas brow, via Kediri, T.agung, T.galek, Ponorogo perjlnan lebih enjoy jauh dari kepadatan lalulintas daripada via nganjuk, madiun, ponorogo.

Heroe Xoe said...

Enggak mas brow, via Kediri, T.agung, T.galek, Ponorogo perjlnan lebih enjoy jauh dari kepadatan lalulintas daripada via nganjuk, madiun, ponorogo.

Syaiful Anwar said...

nah tuch ada yng lebih tau, makasih sob sharingnya...

Sharing said...

makasih sharenya sobat....

bung karno said...

alamat pastinya ... pacitan man...? lengkap

cumilebay.com said...

mmg juara nich pantai :)

Anonymous said...

dari srau jauh kah ?



joko raharjo said...

ke slayar dari teleng ria ke arah mana

Anonymous said...

Apik tenan (y)

megha said...

dari ponorogo skitar brapa jam ??

suhar said...

2,5 jam dah sampai gan dari ponorogo..

Yui said...

Mantap pantainya, deket rumah, seneng kalo ada yang ikutan promosi.hehe

Terima kasih telah berkunjung, Pembaca yang baik adalah yang bersedia meluangkan waktunya untuk meninggalkan komentar